TopikMaluku
TopikMaluku

Sadali: Pemda Akan Kucurkan 300M untuk Pilkada Serentak di Maluku

Ambon, – Pemerintah Provinsi Maluku akan mengucurkan dana sebesar 300 miliar lebih untuk perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak pada 27 November mendatanga.

Anggaran tersebut diperuntukan bagi penyelenggaran seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

Digelontorkan ratusan miliar itu mengemuka saat Panitia Musyawarah Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Maluku melakukan audiens dengan Pj Gubernur Maluku di ruang rapat Pj Gubernur pada Rabu (12/6/24) siang.

TopikMaluku

Audiensi organisasi sayap Partai Golkar dengan Pj Gubernur Maluku itu membahas rencana dan penyampaian agenda pelaksanaan Musyawarah Soksi Maluku yang akan berlangsung pada akhir Juni mendatang.

Namun rencana pelaksanaan Musyawara Soksi Maluku itu bakal diundur lantaran bertepatan dengan perhelatan “Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31” di Kota Semarang, Jawa Tengah karena Pj Gubernur Maluku Sadali Ie akan menghadiri kegiatan Harganas yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan itu, Chris Timisela selaku Ketua Panitia Musyawarah Soksi Maluku meminta kesediaan Sadali Ie selaku Pj Gubernur Maluku serta Jalaluddin Salampessy yang saat ini menduduki kursi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku untuk menjadi Pembina Soksi Maluku.

TopikMaluku

“Pemerintah daerah sebagaimana kita tau bersama, anggaran kita banyak tersalur untuk kegiatan perhelatan Pilkada serentak nanti di Maluku, kurang lebih Rp300M, ini belum agenda-agenda lainnya di kabupaten/kota di Maluku, yang tentunya bisa saja dicover dan/atau dilaksanakan oleh pemerintah provinsi,” ujar Sadalie Ie.

Meski pemerintah dibatasi dengan keterbatasan anggaran, intinya setiap perhelatan yang agenda nasional maupun daerah semaksimal mungkin hendaknya bisa dihandel dan bisa dilaksanakan di daerah ini, kata Pj Gubernur disela-sela audensi tersebut.

Disamping itu, Chris Timisela mengungkapkan kalau dalam Musyarawah nanti akan dihadiri oleh sejumlah Dewan Pimpinan Nasional (DEPINAS) Soksi, makanya seluruh agenda harus dipersiapkan secara matang.

“Musyawarah Soksi ini rencananya akan dilakukan pada 29 Juni mendatang, nemun bertepatan dengan Harganas di Jawa Tengah maka tentu kita akan meninjau kembali waktu pelaksanaannya,” ujar Chris Timisela.

Menurut Timisela, Musyawaran Soksi akan berlangsung di Gedung Oikumene, Jl. Pattimura Kota Ambon dan bakal dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional yang memiliki hubungan tegal lurus dengan Soksi, diantaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Anggota BPK RI Ahmadi Noor Supit, Sekjen Banggar DPR RI Mukhamad Misbakhun, Ketua Harian Soksi Freddy Latumahina dan Sekjen Depinas Soksi Derek Loupatty. (TM)

error: Konten Dilindungi !