Rektor UNPATTI Tepis Tudingan Para Demonstran Usai Pelaksanaan Wisuda

Ambon, – Rektor Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy menepis tudingan yang dilayangkan para demonstran melalui aksi bungkam yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa Unpatti bertepatan dengan momen wisuda sekaligus puncak perayaan Dies Natalis Ke-61 (23/04/24) di Kampus UNPATTI, Poka Ambon.

Leiwakabessy menegaskan bahwa Unpatti telah membentuk tim satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual adalah untuk menciptakan ruang aman dari kekerasan seksual. Sehingga, apa yang dituduhkan bahwa kampus tidak aman, tidaklah benar.

Aksi bungkam yang menyita perhatian para tamu undangan pada momen tersebut sebagai upaya menuntut ruang aman dari kekerasan seksual dan kampus harus menjalankan nilai demokrasi dianggap tak etis olehnya sebab menurutnya ada waktunya.

“Selain tim satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, di kampus juga ada tim pengamanan 24 jam. Jadi, tidak mungkin tidak ada ruang aman di dalam kampus,” kata Rektor saat ditemui awak media diruang kerjanya, Selasa (23/4).

Menurutnya, dugaan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oknum tersebut, hingga saat ini sudah sampai ke tahap pemeriksaan. Dan hasilnya sudah terima dari satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual UNPATTI.

“Dan setelahnya, saya membentuk sidang kode etik untuk mengetahui kronologis dugaan pelecehan seksual tersebut. Kami memanggil pelaku dan oknum untuk duduk bersama dan menceritakan dengan rinci apa yang terjadi, hingga pelecehan seksual itu terjadi,” pungkasnya.

Lanjutnya, untuk hasilnya ia akan mengirimkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hasil yang dikeluarkan oleh Kemendikbud ristekdikti ini yang nantinya akan ia jatuhkan kepada oknum tersebut, jika memang diputuskan bersalah.

“Hasil ini, dapat berupa sanksi administratif. Dimana, oknum yang menjabat sebagai dosen ini, sanksinya berupa dipecat tidak hormat atau tidak dapat tunjangan. Jadi kita tunggu saja hasilnya,” tutupnya. (TM)

error: Konten Dilindungi !